Minggu, 27 Februari 2011

Paru - Paru

                                                     
Mungkin semua orang tau bahwa paru – paru merupakan salah satu organ vital dalam tubuh kita, tanpa paru  paru kita tidak bisa bernapas dikarenakan fungsi paru – paru yang menyalurkan oksigen ketubuh kita, paru – paru juga yang menggantikan karbondioksida didalam darah kita yang biasa disebut proses respirasi, Dengan menggunakan haemoglobin sebagai pengikat oksigen, setelah oksigen didalam darah kita diikat oleh haemoglobin selanjutnya dialirkan keseluruh tubuh kita.
Organ vital ini terletak dibawah tulang rusuk ini terletak dua bagian, sebelah kiri terdapat 2 bagian sedangkan disebelah kanan terdapat 3 bagian, setiap bagian mempunyai 1500 butir udara.
Udara disekitar kita sudah tercemar oleh polusi baik dari gas buang kendaraan maupun dari gas buang hasil produksi pabrik sehingga semakin berat tugas paru  paru dikarenakan udara yang tercemar dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan paru – paru.
Macam – macam penyakit yang berhubungan dengan paru – paru:
1.       Asma atau orang biasa menyebutnya bengek dikarenakan terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan sehingga membuat penderitanya merasakan sesak saat bernapas tetapi ini bersifat sementara, hampir kebanyakan orang yang terkena asma dikarenakan faktor keturunan. Penyakit asma ini bisa meyebabkan kematian apabila mendapat serangan asma berat dan tidak mendapatkan pertolongan dikarenakan tidak dapat bernapas.
Ciri – ciri Asma adalah apabila sesak napas berbunyi ngik – ngik, cara pencegahan: jauhkan yang dapatkan menyebabkan alergi, biasanya yang sering adalah debu.
2.       Batuk adalah penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada tenggorokan, paru – paru ini biasanya dapat disebabkan oleh udara atau makanan yang diolahnya menggunakan minyak yang sudah tidak bagus atau yang sudah dipakai berulang – ulang.
Jenis – jenis batuk:
Batuk Kering dengan sedikit dahak
Batuk dengan banyak dahak
Batuk Tahunan
Batuk Darah
             Semua jenis batuk dapat diobati dengan meminum obat sirup yang mengandung codein atau        campuran chloral hydrate.       
  1. Bronkitis adalah batuk yang disebabkan karena adanya peradangan pada saluran pernapasan yang membawa udara menuju paru – paru (bronkus). Penyebab bronchitis adalah Infeksi kuman, bakteri atau virus, asap rokok, debu atau polusi udara.
Ciri – ciri bronkitis:
 - Batuk terus menerus selama bertahun – tahun.
-  Batuk disertai lender atau dahak berwarna kuning ini apabila disertai   dengan virus.
- Biasanya dialami oleh orang tua dan perokok berat.
Bronkitis dapat dihindari dengan berhenti merokok dan menghindari dari orang yang merokok sehingga kita menjadi perokok pasif yang lebih berbahaya dari pada perokok aktif.    

4.       Pneumonia adalah infeksi paru – paru yang disebabkan oleh virus, jamur
Ciri – ciri Pneumonia :
-          Batuk yang disertai dengan dahak kental berwarna kuning
-          Sesak napas disertai demam tinggi
-          Sakit pada dada
             Pneumonia dapat dihindari dengan menjaga kebersihan disekitar kita dan menjaga kebugaran  tubuh
5.        Kanker Paru - Paru adalah Penyakit yang sangat mematikan diantara penyakit kanker lainnya disebabkan paru – paru merupakan alat vital dalam organ tubuh yang berfungsi menyalurkan oksigen kedalam darah, terjadinya kaknker paru – paru adalah asap yang berasal dari rokok yang mengandung zat yang sangat berbahaya dan mengendap didalan paru – paru selama bertahun tahun sehingga menimbulkan tumor atau sel kanker.
           Ciri – ciri kanker paru – paru:
-          Batuk.
-          Sesak napas.
-          Sakit pada dada
-          Batuk yang disertai keluarnya darah dari mulut.
-          Mudah lelah.
-          Berat badan menurun
               Tetapi pada umumnya gejala kanker paru baru ketahuan setelah sel kanker sudah menyebar   didalam paru – paru atau stadium lanjut
Cara menghindari kanker paru – paru ialah dengan berhenti merokok dan menjauhkan diri perokok aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar